Penyebab Sindrom Edward dan Beberapa Jenisnya yang Harus Anda Ketahui

Sindrom Edward juga dikenal dengan sebutan trisomi 18. Sindrom ini diikuti dengan kelainan bayi pada kepala, tangan, jantung, ginjal, cacat pada telinga dan masalah perkembangan. Keunikan pada tangan bayi yang alami sindrom ini yaitu telapak tangan dalam kondisi menggenggam dengan jari yang sama-sama tumpang tindih.

Penyebab Sindrom Edward dan Beberapa Jenisnya yang Harus Anda Ketahui

Sindrom Edward adalah kelainan kongenital yang berlangsung saat bayi masih tetap didalam kandungan, jadi sangat perlunya untuk kontrol kandungan ke dokter dan melakukan berbagai test untuk memastikn bahwa janin anda baik-baik saja disamping anda harus mempersiapkan peralatan bayi baru lahir untuk menyambut kelahirannya. Pemicunya yaitu aspek genetik. Sindrom Edward adalah kelainan genetik ke-2 yang paling banyak berlangsung sesudah trisomi 21 atau yang lebih di kenal dengan sebutan sindrom Down. Sesungguhnya ke-2 sindrom ini tidak sering berlangsung, tapi apabila berlangsung, keadaannya dapat disebutkan serius.

Penyebabnya Sindrom Edward

Sebelumnya mengulas mengenai penyebabnya sindrom Edward, Anda baiknya mengetahui kromosom terlebih dulu. Kromosom yaitu sisi dari sel yang memiliki bentuk mirip benang serta bertugas menyokong gen. Gen berikut yang senantiasa membawa panduan dalam pembentukan badan janin.

Ketika pembuahan, yakni waktu sel sperma serta sel telur gabung, kromosom juga gabung. Janin memperoleh 23 kromosom dari ibu serta 23 kromosom dari bapak. Keseluruhan jumlah kromosom yaitu 46.

Tetapi, terkadang sel sperma atau sel telur orang-tua mempunyai kelainan kromosom dengan jumlah yang salah. Hal semacam ini ada pada orang-tua yang normal namun adalah pembawa sifat (carrier). Kekeliruan jumlah ini diteruskan pada janin. Arti “trisomi” bermakna bayi mempunyai kromosom lebih dari yang semestinya.

Umpamanya, kromosom yang wajarnya cuma dua atau sepasang, pada trisomi, kromosom ada tiga buah. Pada sindrom Edward, kromosom nomor 18 ada tiga buah. Hal semacam ini yang lalu menyebabkan perkembangan organ-organ bayi tidak berjalan harusnya.

Beberapa Type Sindrom Edward

Ada tiga type sindrom Edward. Pembagian type ini berdasar pada keadaan banyak kromosom yang keluar dalam jumlah lebih. Beberapa jenis itu yaitu :

  1. Trisomi 18 mosaik
    Ini yaitu type Sindrom Edward yang paling enteng. Keadaan dari type ini yaitu cuma sebagian sel yang mempunyai penambahan sel 18. Makin sedikit sel dengan jumlah kromosom berlebihan, makin enteng keadaan sindrom Edward. Walau sekian, keadaan bayi yang keduanya sama alami trisomi mosaik 18 mungkin berlainan keduanya. Beberapa bayi dengan trisomi mosaik 18, dapat hidup paling tidak sampai th. pertama kehidupannya. Ada pula yang dapat bertahan hidup hingga awal masa dewasa, namun begitu tidak sering.
  2. Trisomi 18 parsial
    Sindrom Edward type ini termasuk yang menengah atau lebih kronis dari pada trisomi mosaik 18. Sesuai sama namanya, trisomi parsial 18 berlangsung saat cuma beberapa dari kromosom 18 penambahan yang keluar dalam sel. Keadaan ini begitu merubah perubahan bayi didalam rahim. Tingkat keparahannya tergantung di bagian kromosom 18 mana yang keluar pada sel.
  3. Trisomi 18 penuh
    Berikut keadaan paling umum dari sindrom Edward. Trisomi 18 penuh yaitu keadaan dimana semua sisi kromosom 18 penambahan er pada semuanya sel badan bayi.

Meyakinkan Diagnosis Sindrom Edward

Saat bayi masih tetap didalam kandungan, dokter juga akan mengecek peluang ada sindrom Edward lewat cara lakukan kontrol USG. Langkah tersebut sesungguhnya kurang akurat. Supaya lebih akurat, dokter mesti ambil sampel sel dari cairan ketuban atau plasenta, untuk dikerjakan analisis keadaan kromosom.

Bila bayi telah lahir, dokter memeriksanya dengan mencermati muka serta anggota badannya. Bayi dengan sindrom Edward biasanya mempunyai satu diantara ciri berbentuk tangan yang menggenggam dengan tempat yg tidak umum dan jari-jari yang sama-sama tumpang tindih.

Diluar itu, kontrol kromosom lewat darah bisa dikerjakan untuk meyakinkan keadaan trisomi 18. Kontrol darah dapat juga memperkirakan peluang kehamilan selanjutnya pada ibu, juga akan memiliki kandungan bayi dengan keadaan yang perbedaan.

Sayangnya, bayi dengan sindrom Edward umumnya telah wafat didalam kandungan, atau wafat pada minggu pertama sesudah dilahirkan. Ada pula bayi dengan sindrom Edward yang hidup hingga melalui th. pertama usianya, tapi jumlahnya cuma 5-10 %.

Sampai sekarang ini tak ada penyembuhan spesial untuk sindrom Edward. Namun bisa diberi perawatan medis untuk memberi kwalitas paling baik untuk hidup bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *