Pipa Metal atau Plastik – Mana yang Terbaik?

Pipa Metal atau Plastik – Mana yang Terbaik?
Jika waktunya telah tiba untuk merombak sistem saluran air rumah Anda, atau Anda sedang membangun rumah baru, keputusan penting adalah memilih antara perpipaan plastik atau logam. Bagaimana Anda membuat pilihan antara banyak pilihan yang tersedia? Beberapa faktor yang perlu diingat saat membuat keputusan adalah: biaya; masalah kesehatan dan lingkungan; dan, jika mengganti bagian dari sistem pipa ledeng, jenis pipa apa yang sudah terpasang.

distributor pipa hdpe surabaya

Pipa logam

Pipa tembaga adalah jenis yang paling populer untuk rumah baru. Mereka cenderung tidak bocor, dapat didaur ulang, tahan lama, dan tahan panas. Kelemahan terbesar tembaga adalah harganya yang tinggi – meski beberapa mungkin mengatakan harganya sepadan dengan kualitasnya! Jika air Anda sangat asam, ini bisa menimbulkan korosi tembaga dari waktu ke waktu. Mereka juga bisa sulit dipasang, sehingga kecil kemungkinannya ini bisa menjadi proyek DIY.

Rumah tua bisa memiliki beberapa jenis pipa logam lainnya. Pipa galvanis kadang-kadang ditemukan di rumah-rumah yang dibangun sebelum tahun 1980. Ini sangat berat dan mungkin mengandung timbal yang bisa dilepaskan ke air Anda jika korosi pipa. Mereka dapat menyebabkan masalah lain seperti garis sambung sering dan air berubah warna seiring bertambahnya usia. Jika rumah Anda lebih tua dan memiliki pipa galvanis, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk menggantinya.

Jenis yang kurang sering digunakan meliputi pipa stainless steel, yang berkualitas tinggi dan kuat, namun lebih mahal dari pada tembaga; dan pipa besi cor, yang tahan lama, jika agak besar, dan bergabung dengan baik dengan pipa PVC untuk sistem pipa campuran.

Pipa plastik

Perpipaan plastik adalah pilihan modern yang relatif murah dan ringan. Mereka tidak berkarat atau berkarat seiring berjalannya waktu seperti logam. Plastik lebih mudah dikerjakan bagi mereka yang ingin mencoba proyek pipa ledeng di rumah. Ada beberapa jenis pipa plastik yang biasa digunakan di perumahan plumbing.

Jenis pipa plastik yang paling sering digunakan adalah PVC (Polyvinyl Chloride Pipes). PVC sangat populer untuk kamar mandi dan ventilasi. Ini bagus untuk penanganan tekanan air yang tinggi, dan berbagi kelebihan plastik lainnya. Kerugian dari pipa PVC, bagaimanapun, adalah beberapa. Hal ini dapat mengalami kesulitan dalam menangani air yang sangat panas, melengkung seiring berjalannya waktu. Beberapa orang merasa pipa PVC memberi air rasa plastik.

Pipa PEX adalah bentuk perpipaan lainnya yang biasa digunakan. Manfaat utama dari pipa ini adalah mereka sangat serbaguna untuk digunakan di tempat yang sempit dimana seseorang perlu bekerja dengan ruang dinding kecil atau putaran yang ketat – atau jika memerlukan pipa panjang. Mereka juga tahan panas, tidak seperti pipa PVC, dan dapat dipasang untuk bekerja dengan pipa lain yang sudah ada sebelumnya di rumah. Tampaknya ada beberapa masalah lingkungan terkait pipa PEX, meskipun disetujui di banyak wilayah.

Bentuk pipa plastik yang kurang terkenal termasuk pipa PB, yang bisa digunakan sebagai pengganti pipa tembaga yang rusak, namun berkualitas rendah; dan pipa HDPE, yang fleksibel dan tahan lama, memberi mereka penggunaan plumbing yang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *