Terpal Plastik 101 – 4 Jenis Utama Polyethylene (Plastik Digunakan Untuk Fleksibel Terpal)

Terpal Plastik 101 – 4 Jenis Utama Polyethylene (Plastik Digunakan Untuk Fleksibel Terpal)
Dalam istilah yang paling sederhana, perbedaan utama antara berbagai jenis plastik adalah cara struktur selulernya, atau ikatan molekul satu sama lain, dan seberapa erat bentuknya.

distributor pipa hdpe surabaya

1) Low Density Polyethylene (LDPE), jenis terpal plastik yang paling umum, sangat fleksibel, paling sering dari 0,5 mil tebal sampai sekitar 40 mil dalam bentuk lembaran yang fleksibel. Kesesuaian yang baik dengan permukaan. Karena struktur sel tidak sekuat atau padat seperti beberapa jenis lembaran plastik lainnya, biasanya tidak begitu kuat atau tahan tusukan seperti bentuk atau campuran lainnya, namun memiliki ribuan kegunaan umum. Banyak digunakan untuk segala hal mulai dari konstruksi dan pelapis pertanian (sering disebut Visqueen), Direkayasa Terpal Plastik dengan berbagai jenis untuk hal-hal seperti Vapor Retarders (juga disebut Vapor Barriers oleh banyak orang), film Perlindungan Permukaan, Pond dan Canal Liners, Cover, Tarps, Abatement Plastik, Containment, kemasan, dan daftarnya terus berlanjut.

2) Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), bentuk campuran LDPE dimana film ini memiliki fleksibilitas, kekuatan tarik, dan kesesuaian yang lebih baik. LLDPE “lebih lembut” dan lebih lentur, jadi pilihan yang sangat tepat untuk hal-hal seperti liner kolam, atau dicampur ke dalam film lain untuk memberi mereka kekuatan dan fleksibilitas ekstra. Ini sangat cocok untuk aplikasi seperti film perlindungan karpet perekat, dimana film ini perlu memiliki kekuatan luar biasa dalam film yang sangat tipis untuk menyerap dampak, tapi tidak robek atau tusukan. Dalam bentuk poli ini, molekul semua berbaris dan sangat menempel bersamaan saat film diregangkan untuk memberi struktur kekuatan dan pemanjangan lebih dari LDPE. Paling umum dalam ketebalan mulai dari 0,5 mil sampai 40 mil dalam lembaran plastik fleksibel.

3) Medium Density Polyethylene (MDPE), bentuk polietilen yang paling umum digunakan untuk pelapis plastik fleksibel. Memiliki kekuatan lebih dari LDPE, sedikit lebih banyak ketahanan kimia, struktur sel lebih ketat, lebih banyak tusukan dan tahan sobek. Sering dicampur dengan LDPE dan atau LLDPE untuk memberi atribut yang dicari seseorang pada jenis film tertentu. Misalnya, banyak tambak memiliki MDPE untuk menambahkan beberapa kekuatan dan ketangguhan, tanpa menambahkan terlalu banyak kekakuan.

4) High Density Polyethylene (HDPE, alias HD), banyak digunakan untuk banyak aplikasi. HDPE adalah yang terkuat, terberat, paling tahan bahan kimia, dan paling tidak fleksibel dari keempat jenis polietilen ini. Ini juga memiliki ketahanan UV paling banyak tanpa paket aditif untuk meningkatkan atribut ini. HDPE memiliki struktur sel yang sangat ketat, sehingga sangat sulit bagi molekul lain untuk melewati strukturnya pada tingkat mikroskopis. HDPE adalah bidang yang paling mudah didapat dari produk ini, dan umumnya digunakan pada tingkat industri dengan ketebalan sekitar 12 mil sampai 100 mil. Sebagian besar kolam golf dilapisi dengan HDPE, kebanyakan kolam industri dan liner kanal, liner penahan sekunder, penghalang akar, banyak aplikasi di mana ketahanan kimia dibutuhkan. Ini juga digunakan dalam ribuan atau mungkin jutaan aplikasi dalam bentuk yang lebih tipis, terutama dalam campuran dengan jenis polietilen lainnya, karena HDPE menambahkan banyak kekuatan dan ketangguhan dengan ikatannya yang sangat ketat dengan molekul lainnya.

Kepadatan polietilen diukur dalam kolom air, dan semuanya tergolong tergantung pada rentang kerapatan. LDPE (dan LLDPE) umumnya berada dalam kisaran 0,919-0,924 g / cm³. MDPE umumnya berada dalam kisaran 0,926-0,940 g / cm³. HDPE umumnya berada dalam kisaran 0,941-0,965 g / cm³. Angka-angka ini dapat sedikit berbeda tergantung pada sumber Anda, dan tidak diatur dalam batu, hanya panduan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *